The Lego Ninjago Movie, Film Animasi Yang Patut Kalian Tonton Pada Akhir Pekan Esok

Tahukah kalian apa animasi itu? Animasi merupakan seni membuat beda mati tampak dapat melakukan sebuah gerakan. Selain itu, animasi juga dapat diartikan sebagai sebuah cara pengambilan gambar atau foto statis yang berurutan. Setelah itu, pencipta akan memutarkan secara beruruan sehingga tampak meniru gerakan-gerakan yang ada di dunia nyata.

Dalam perkembangan dunia seni, animasi dapat dibagi menjadi beberapa macam. Mengutip dari KOMPAS.com, animasi dibagi menjadi 5 macam yakni animasi tradisional, animasi 2D, animasi 3D, Motion Graphic, dan Stop Motion.

Animasi tradisional merupakan bentuk animasi paling tua dalam film. Objek pada animasi tradisional dibuat pada kertas transparan seluloid. Animator harus membuat gambar pada setiap frame. Gambar-gambar tersebut dibuat secara berurutan.

Animasi 2D dikendalikan oleh sebuah vector. Keunggulan dari animasi bentuk 2D yakni gambar dapat diperbesar maupun diperkecil tanpa perlu mengkhawatirkan resolusi gambar. Dalam pembuatan animasi 3D, dibutuhkan sebuah program komputer untuk menggerakan tokoh dalam gambar. Para animator juga memanfaatkan animasi 2D untuk membuat sebuah animasi 3D.

Motion graphic dibuat dengan menggabungkan potongan-potongan grafik digial menjadi sebuah ilusi gerakan. Jenis animasi ini biasanya digabungkan dengan suara. Jenis animasi motion graphic sering kita temukan dalam dunia bisnis seperti dalam pembuatan iklan.

Stop motion memiliki mekanisme dapat yang mirip seperti animasi tradisional. Jenis animasi ini merupakan jenis animasi yang paling sulit dalam pembuatannya. Jenis animasi stop motion dibuat dengan menggunakan beberapa foto objek tertentu yang memiliki sedikit perbedaan posisi pada setiap frame atau foto. Setelah itu, seluruh frame atau foto tersebut digabung menjadi satu dalam sebuah video klip. Pembuatan animasi ini bisa menggunakan tanah liat, boneka, orang sungguhan, maupun lego.

Salah satu contoh film animasi yang menggunakan cara stop motion yakni The Lego Ninjago Movie. The Lego Ninjago Movie merupakan salah satu The LEGO Movie’s Series. Film ini didasarkan pada mainan Lego konstruksi. Seri film ini merupakan seri yang ketiga. Film ini diproduksi bersama antara Amerika Serikat dan Denmark. Film seri ini ditayangkan pertama kali pada tahun 2017.

Film The Lego Ninjago Movie bercerita tentang seorang ninja remaja yang tinggal di alam semesta LEGO. Ninjago sendiri merupakan nama sebuah kota di alam semesta LEGO. Pemeran utama dalam cerita film ini yakni seorang ninja bernama Llyod Garmadon. Dia mencoba untuk menerima kebenaran tentang ayahnya, Garmadon. Llyod tidak pernah menyangka bahwa ayahnya merupakan seorang penjahat yang sering meneror Kota Ninjago. Karena kejahatan ayahnya, ibunya yang merupakan istri Garmadon diasingkan oleh warga kota. Llyod pun menjadi anak yang dibenci oleh warga Kota Ninjago.

Namun, tanpa diketahui oleh warga Kota Ninjago, Llyod bergabung menjadi Ninja Hijau. Ninja Hijau merupakan pasukan rahasia pejuang ninja yang mencoba menghentikan Garmadon dalam mengambil alih Kota Ninjago. Pasukan ini bertarung menggunakan alat mesin tempur yang menyebabkan Garmadon gagal untuk menguasai Kota Ninjago untuk kesekian kalinya.

Namun kegigihan Garmadon untuk menguasai Kota Ninjago sangatlah besar. Hal ini menyebabkan Garmadon membuat alat tempur yang lebih besar dari sebelumnya. Dalam pertempuran tersebut, Llyod mengalami kekalahan. Dalam keadaan tersebut Llyod membuka jati dirinya yakni sebagai anak dari Garmadon. Llyod mengutarkan kekecewaan pada Garmadon dengan mencela ayahnya tersebut. Walaupun demikian, di akhir cerita, Garmadon digambarkan melakukan perdamaian dengan Llyod.

By Tania