Ketika kita berpenampilan, kita sering mempertimbangkan jenis pakaian yang kita pakai. Jenis pakaian harus menyesuaikan dengan kegunaan dari pakaian itu sendiri. Sebagai contoh, kita menggunakan piyama atau kaos ketika kita tidur. Hal ini bertujuan agar kita merasa nyaman dan mudah bergerak ketika tidur.

Selain kegunaan, bahan dari pakaian juga berpengaruh terhadap kenyamanan dalam penggunaan pakaian. Orang yang hidup di daerah tropis cenderung menggunakan pakaian yang berbahan tipis dan menyerap keringat seperti katun dan kaos. Sebaliknya, orang di daerah dingin cenderung menggunakan jenis pakaian berbahan tebal. Hal ini bertujuan agar tubuh terasa hangat.

Penggunaan pakaian juga menyesuaikan dengan waktu dan tempat. Sebagai contoh, pakaian yang rapi dan sopan ketika ingin mengunjungi kantor atau tempat-tempat resmi.

Selain pakaian, aksesoris merupakan elemen pendukung dari sebuah penampilan. Akesoris memiliki aneka bentuk dan bahan sesuai dengan jenisnya. Beberapa jenis aksesoris diantaranya, perhiasan topi, kacamata, sepatu, jam tangan, dan lain sebagainya. Pemakaian aksesoris menyesuaikan jenis kelamin pemakainya. Ada jenis-jenis aksesoris yang umumnya hanya dipakai oleh wanita seperti kerudung. Namun, ada beberapa aksesoris wanita yang mulai digunakan oleh para pria. Diantara aksesoris tersebut ialah sepatu berhak tinggi, rok, dan celana ketat atau legging.

Perhiasan merupakan salah satu aksesoris yang sering digunakan untuk mempercantik diri. Perhiasan dapat berupa kalung, cincin, anting-anting, gelang, bros, dan lain-lain. Perhiasan pada umumnya terbuat dari emas ataupun perak. Selain sebagai penunjang penampilan, perhiasan juga dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Perhiasan yang terbuat dari emas cenderung memiliki harga beli maupun jual yang tinggi. Sebagian besar orang menginvestasikan uangnya dengan membeli emas dalam bentuk perhiasan maupun batangan.

Topi merupakan salah satu jenis penutup kepala yang umum kita temukan. Topi digunakan dengan berbagai alasan. Selain sebagai aksesoris pakaian, topi juga digunakan untuk melindungi kulit dan rambut kepala dari sengatan sinar matahari. Macam-macam topi diantaranya fedora, topi floppy, boater, topi baseball, bucket, baret, topi koboi, beanie (kupluk), dan topi bowler.

Kacamata memiliki fungsi sebagai pelindung mata. Kacamata memiliki berbagai macam bentuk dan warna. Kacamata fashion yang umum digunakan berwarna hitam. Kacamata juga digunakan untuk sebagian besar orang yang memiliki gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan seperti rabun dekat, rabun jauh, rabun jauh-dekat atau rabun tua, dan silinder. Kacamata dibuat khusus sesuai dengan gangguan penglihatan yang dialami.

 

Tidak kalah populer dari aksesoris lainnya, jam tangan juga sering kita temukan dipakai oleh wanita maupun pria. Jam tangan merupakan penunjuk waktu yang dipakai di pergelangan tangan manusia. Jam tangan mulai digemari oleh sebagian orang. Jam tangan yang semula hanya sebagai penunjuk waktu, kini beralih fungsi sebagai salah satu penunjang kepercayaan diri dalam berpenampilan.

Ada bebeberapa jenis jam tangan, diantaranya jam tangan analog dan digital. Jam tangan analog merupakan jam tangan standart yang miliki 3 jarum penunjuk.  Jarum panjang menunjukkan menit, jarum pendek menunjukkan jam, dan jarum tipis untuk menunjukkan detik. Sedangkan untuk jam tangan digital hanya menggunakan angka. Jam tangan jenis ini lebih akurat untuk menunjukkan waktu. Biasanya, terdapat penunjuk hari, tanggal, serta penunjuk waktu siang maupun malam. Salah satu brand jam tangan yang cukup terkenal yakni jam tangan lacoste. Selain jam tangan, Lacoste juga menjual berbagai macam produk aksesoris seperti kacamata dan sepatu.